Diskominfo Boltim Raih Predikat "Baik" Pada Inovasi Daerah 2024

  • Jan 13, 2025
  • Diskominfo Boltim
  • Bidang IKP

Tutuyan, 13 Januari 2025 – Dinas Komunikasi dan Informatika baru saja meraih predikat "Baik" pada ajang Inovasi Daerah Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Ristet dan Inovasi Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, berkat pemanfaatan fitur aplikasi dalam meningkatkan kualitas interaksi antara masyarakat dan pemerintah daerah. Inovasi ini dipelopori oleh Leonardo Kumambow, S.E., seorang Aparatur Sipil Negara di Diskominfo, yang berhasil mengembangkan pemanfaatan fitur sebagai platform komunikasi efektif dalam pelayanan publik.

Melalui inovasi yang dikembangkan, Diskominfo Boltim memanfaatkan berbagai fitur unggulan, seperti saluran suara dan teks untuk komunikasi langsung antara masyarakat dan instansi pemerintah. Fitur ini memungkinkan masyarakat untuk bertanya, mengajukan keluhan, atau mendapatkan informasi terkait layanan publik secara lebih cepat dan mudah, tanpa harus bertatap muka langsung dengan petugas pemerintah. Selain itu, platform ini juga memungkinkan pembuatan ruang diskusi untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam perencanaan dan evaluasi kebijakan publik.

Kepala Diskominfo Boltim Moh Rezhah Mamonto, S.Kom menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian ini. “Pengembangan fitur layanan ini sebagai alat komunikasi dengan masyarakat merupakan langkah inovatif yang memberikan kemudahan dalam pelayanan publik sehingga masyarakat kini dapat lebih cepat mengakses layanan dan informasi, serta berpartisipasi aktif dalam proses pemerintahan,” ungkap Rezhah.

Leonardo Kumambow, yang menjadi motor penggerak inovasi ini, merasa bersyukur atas pencapaian tersebut. “Pemanfaatan fitur ini bertujuan untuk membuat komunikasi antara pemerintah dan masyarakat lebih efisien dan terbuka. Kami ingin mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan, mengajukan pertanyaan, atau bahkan memberikan masukan secara langsung, tanpa hambatan jarak maupun waktu. Dengan adanya ruang obrolan yang langsung terhubung dengan petugas, kami harap proses pelayanan dapat lebih cepat dan responsif,” ujar Leonardo.

Penggunaan layanan ini menjadi contoh nyata bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pemerintahan yang lebih responsif dan transparan. Diskominfo Boltim berharap dapat terus mengembangkan fitur ini agar lebih banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh warga Boltim, serta menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk memanfaatkan teknologi dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.